5 Tips Memilih Baju Batik

5 Tips Memilih Baju Batik

Size
Price:

Baca selengkapnya

Batik Elegan By Batikbumi
Batik Elegan By Batikbumi

Batik merupakan baju khas warisan kebudayaan bangsa Indonesia. Suatu kebanggaan besar ketika memakai batik buatan asli Indonesia. Batik yang merupakan suatu identitas bangsa, kini mulai kembali menjadi trend dan dilestarikan. Yang dulu para pemuda enggan memakai batik karena batik berkesan tua, tidak gaya dan kolot, kini mulai bangga memakai batik produk asli Indonesia. Berbagai macam corak unik dan warna menjadikan batik Indonesia ini sangat spesial. Hampir setiap daerah mempunyai motif/corak yang khas. Oleh karena banyak motif dan warna batik sehingga kadang kita bingung memilih batik mana yg cocok.

Baju Batik sangatlah beragam, dari mulai daster batik, sampai kemeja batik, baik untuk wanita maupun untuk pria. Memilih baju batik haruslah teliti, terutama ketika memilih motif batik dan model baju batiknya. Salah memilih baju batik, hanya akan terlihat aneh bahkan sangat mungkin akan ditertawakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih batik :

1. Ukuran Batik

Ukuran pada batik biasanya yang selalu menjadi problem. Banyak batik yang sudah jadi siap pakai mempunyai ukuran yang buruk. terlalu lebih ke samping, lengan yang terlalu lebar/panjang dan masih banyak lagi.
Ukuran menjadi hal yang utama dalam memilih batik, yang dimaksud disini adalah bukan memakai batik yg super ketat tetapi batik yang pas sesuai bentuk tubuh Anda, tidak kebesaran dan tidak kekecilan. Perlu diketahui juga pada saat memakai batik kebanyakan diperuntukan memakai baju batik yang dikeluarkan, tidak dimasukan dalam celana.
Oleh karena itu perlu diperhatikan agar tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Seberapa mahalpun batik yang Anda pakai, jika tidak pas di badan Anda maka penampilan Anda tidak akan terlihat maksimal (elegan)

2. Bahan Batik

Yang membedakan kualitas dari suatu batik adalah bahan untuk membuat batik, yang terdiri dari bahan kain dan cara membatik. Bahan kain untuk batik beragam dari kain sutra sampai katun biasa. Sutra menjadi pilihan bahan yang berkualitas untuk membuat batik kelas High End. Sutra memang lebih nyaman untuk dipakai tetapi harganya biasaya lebih tinggi dibandingkan dengan bahan biasa.
Menurut seorang pengamat batik, Anton Diaz, cobalah menyesuaikan material batik dengan acara yang akan dihadiri. 
Misalnya untuk kesempatan santai, disarankan untuk menggunakan batik yang terbuat dari katun. Bisa juga pakai campuran antara silk dan katun. Selain memiliki pori yang lebar sehingga lebih dingin digunakan dan menyerap keringat, batik berbahan katun juga memiliki kesan yang santai dan model yang sederhana. Sedangkan untuk pergi ke pesta, bisa dipakai batik bermaterial sifon atau silk. Hal ini harus diperhatikan ketika memilih batik dan sesuaikanlah dengan budget anda. Tidak selamanya batik tulis berkain sutra dapat membuat anda tampil lebih keren daripada batik lukis berkain katun.

3. Warna Batik

Yang perlu diperhatikan dalam memilih warna batik adalah warna dominan dasar batik atau biasa disebut background. Warna dasar inilah yang bisa digunakan sebagai patokan Anda ketika memilih batik untuk dapat dipadu padankan dengan pakaian lainnya.
Warna gelap atau terang tergantung pilihan Anda untuk acara yang Anda kunjungi. Untuk acara kasual Anda bisa menggunakan warna-warna yang cerah, seperti merah, kuning, atau ungu. Sedangkan untuk acara formal Anda bisa memilih warna yang lebih gelap atau monokrom (hitam/putih).

4. Motif Batik

Pastikan bahwa perpaduan antara warna motif batik dengan warna dasar batik sesuai dan serasi. Jika anda memiliki tubuh yang besar, pilihlah baju batik yang memiliki motif geometris yang berukuran sedang, atau kombinasi motif geometris yang besar dengan yang ukurannya kecil agar sesuai dengan proporsi tubuh anda. Sedangkan bila anda memiliki tubuh yang mungil, jangan ragu untuk memilih baju batik bermotif geometris berukuran sedang agar bentuk tubuh tampak lebih proporsional.

5. Batik Casual atau Formal

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli baju batik, tentukan baju batik ini untuk acara formal, semi formal ataukah batik casual? Tidak ada patokan khusus batik mana yang kasual dan mana yang formal, tetapi tidak lucu kan jika Anda salah kostum karena salah pilih motif batik? Anda harus bisa membedakan batik mana yang kasual dan batik mana yang formal.

Untuk busana kasual sebaiknya anda memilih baju batik yang bercorak fauna dan flora. Selain itu usahakan batik berada dalam paduan warna yang cerah sehingga memberi kesan aktif dan ceria. Selain itu, untuk gaya kasual, kenakan busana berpotongan simpel dengan aplikasi atau detail menarik. Agar nyaman dipakai, untuk busana kasual pilihlah batik yang terbuat dari katun.

Untuk busana kerja, sebaiknya Anda memilih baju batik dengan kombinasi warna gelap atau pastel, serta bercorak geometris agar penampilan anda menjadi tetap terlihat rapi, dan formal. Pastikan anda memilih desain busana batik yang simpel namun tegas, sehingga tetap berkesan profesional. Hanya jika diperlukan bisa ditambah detail atraktif yang terkesan minimalis, seperti opnaisel, ploi, saku, atau tali pinggang. Selain itu pilihlah baju batik yang terbuat dari katun dan tambahkan superlining sebagai pelapis dalam (furing) agar jatuhnya busana terlihat lebih tegas dan rapi.

Apabila anda ingin membuat busana pesta atau resmi dari kain batik, anda bisa menggunakan berbagai jenis motif dan paduan warna.

Yang penting adalah memilih warna serta motif batik yang sesuai dengan jenis acara yang akan dihadiri (suasana pesta). Apakah bertema internasional atau tradisional. Jika pestanya international, Anda bisa menggunakan busana batik dengan potongan gaun selutut atau panjang, bermaterial sifon atau silk.

Bisa juga kenakan gaun yang potongannya seperti 'litte black dress' tanpa lengan. Pilihan ini dinilai cukup aman, dengan tambahan sedikit mutiara, mengingat motif kain batik yang sudah ramai, jadi jangan gunakan perhiasan yang berlebihan.

Sementara untuk pesta tradisional, Anda bisa menggunakan kebaya dengan kain batik. Perlu diingat, pasangkan atasan polos dengan kain batik, begitu pula sebaliknya. Atasan batik, dengan bawahan polos.

"Bisa pakai kebaya polos dan kain batik. Kebayanya model kutu baru atau kebaya kurung dengan bukaan depan. Kalau yang berhijab bisa dengan kebaya kurung, karena tidak membentuk tubuh,".

Sedangkan untuk acara yang lebih resmi, di luar pergi ke pesta, cobalah gunakan motif batik modern dengan warnanya klasik, seperti cokelat, krem atau abu-abu agar terlihat lebih elegan. Tambahan payet di bagian leher, pergelangan tangan atau dada juga bisa jadi pilihan untuk memberikan kesan mewah.

Jadi sebelum Anda memakai batik ada baiknya Anda memperhatikan ke 5 hal tersebut.

Cara Memilih Baju Batik Wanita
DISKON 5% setiap pembelian minimal 3 pcs Batik di Batikbumi.com batik DISKON 5%

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *