5 Tips Cara Memilih Kain Batik Berkualitas Baik

5 Tips Cara Memilih Kain Batik Berkualitas Baik

Size
Price:

Baca selengkapnya


Cara memilih kain batik yang bagus dan berkualitas
Cara memilih kain batik yang bagus dan berkualitas
Kualitas kain batik akan sangat memengaruhi kenyamanan Anda ketika memakainya. Semakin bagus kualitas kain batik, maka harganya juga akan semakin mahal. Namun demikian, yang sangat menentukan tinggi rendahnya harga sehelai kain batik adalah tingkat kesulitan proses pembuatannya.

Bagi Anda yang sangat memerhatikan kualitas untuk barang-barang yang digunakan, memilih kain batik berkualitas bagus pasti menjadi suatu hal penting. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat memilih kain batik.

1. Perhatikan jenis kain batik

Sebelum membeli, ada baiknya Anda menentukan jenis kain batik yang akan dibeli, batik cap (stamp) atau batik tulis. Biasanya, kain batik tulis memiliki kualitas yang lebih baik dibanding batik cap (stamp). Disamping itu, harganya pun juga jauh lebih mahal. Hal ini karena dibutuhkan keterampilan khusus saat proses pembuatan batik tulis. Batik tulis dianggap lebih tradisional yang memiliki nilai historis dan seni tersendiri yang turut mendongkrak banderol harganya.

2. Lihat jenis bahan

Saat membeli kain batik, jangan lupa untuk memilih jenis kainnya. Jika akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari, pilihlah kain batik berbahan katun. Katun yang menyerap keringat akan memberikan kenyamanan lebih bagi anda karena anti-gerah. Jika Anda membeli batik untuk acara spesial seperti pesta misalnya, bahan sutra bisa menjadi pilihan sempurna. Kedua bahan tersebut adalah bahan terbaik untuk dua jenis kegiatan yang kerap Anda lakukan. Untuk informasi lebih bisa dilihat di "Jenis Kain Bahan Batik"

3. Raba cetakan warnanya

Rabalah warna yang terdapat pada kain batik. Pastikan warna yang ada di kain batik tidak menempel pada tangan Anda. Bila meninggalkan bekas warna di tangan, berarti pewarna kain yang digunakan memiliki kualitas rendah. Hal ini bisa menyebabkan luntur sehingga lambat laun kain batik Anda menjadi pudar.

4. Membalik bahan

Cobalah untuk membalik bahan kain batik yang akan Anda beli. Kain batik dengan kualitas bagus biasanya memiliki cetakan luar dan dalam yang sama. Jadi, ketika Anda membalik kain batik, motif dan warna yang ada di bagian dalam sama dengan bagian luar. Ini menunjukkan kain tersebut telah melalui proses pembuatan yang detail dan lebih awet ketimbang kain batik yang bagian luar dan dalamnya berbeda.

5. Tempelkan pada kulit

Cobalah untuk menempelkan kain batik yang ingin Anda beli ke kulit, dari situ Anda bisa merasakan bahwa kain akan terasa dingin jika dikenakan. Ini artinya bahan batik tersebut merupakan kain dengan kualitas bagus. Biasanya kain batik jenis ini juga tidak akan mudah kusam meskipun Anda telah mencucinya berkali-kali. Dan juga jangan takut ketika Anda menemukan kain batik yang tampak kaku, karena hal ini memang sering terjadi dan akan melunak sendiri setelah dicuci.

Siap berburu kain batik berkualitas? Kunjungi Toko batik Kami
DISKON 5% setiap pembelian minimal 3 pcs Batik di Batikbumi.com batik DISKON 5%

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *