Batik Modern

Batik Modern

Size
Price:

Baca selengkapnya

Batik merupakan seni budaya asli warisan leluhur kita bangsa Indonesia. Pada awalnya batik hanya dibuat dan dipakai oleh kalangan dalam kerajaan saja. Namun seiring berjalannya waktu, batik bukan lagi hanya busana keluarga keraton saja melainkan sudah secara luas dipakai oleh masyarakat. Baik itu masyarakat tingkat atas maupun masyarakat tingkat bawah.

Batik tradisional
Batik Tradisional
Pada masa dahulu, seni batik tradisional memiliki motif serta warna dan corak yang terbatas. Dari sisi motif batik yang digunakan, beberapa motif yang terkenal misalnya seperti motif sekar jagad, sidoluhur, kawung, semen, sido asih, tambal, sidomukti dan masih banyak lagi. Masing masing motif batik mempunyai makna serta filosofi tertentu dan biasanya juga dikenakan pada acara acara adat yang tertentu pula. Dari sisi kain yang digunakan, dulu baju batik dibuat hanya pada kain putih yang terbuat dari kapas atau kain mori saja. Demikian pula dari segi pewarnaan, warna yang digunakan didominasi warna warna seperti coklat, hitam dan putih saja atau warna soga.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, serta karena pengaruh berbagai budaya asing, motif batik sudah berkembang dan berasimilasi dengan budaya-budaya luar yang datang ke Indonesia yang memunculkan beranekaragam motif batik baru. Penggunaan warna merah misalnya, terlihat adanya pengaruh dari budaya Cina, juga dengan munculnya motif batik phoenix yang juga memperlihatkan adanya pengaruh budaya Cina. Pengaruh eropa terlihat pada motif batik bunga tulip, kereta kuda dan lain lain.

Kain yang digunakan pun semakin beragam, tidak hanya kain mori saja melainkan juga dibuat pada kain sutera, poliester, katun dan masih banyak lagi. Warna-warna cerah semakin banyak digunakan. Batik modern tidak lagi terbatas pada warna coklat, hitam putih saja, tapi juga warna seperti ungu, biru, orange banyak digunakan pada baju batik modern.

Batik modern
Batik Modern
Trend baju batik modern mulai terasa setelah tahun 2009 setelah adanya pengakuan dari UNESCO bahwa batik merupakan warisan budaya asli bangsa Indonesia. Trend baju batik modern telah memberikan efek yang luar biasa terhadap baju batik itu sendiri. Baju batik yang dulu kesannya kaku, serius, bajunya orang tua, kini telah dikenakan oleh semua lapisan umur, mulai dari anak, remaja dan juga orang tua. Bahkan banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang mewajibkan memakai baju batik pada hari-hari tertentu. Baju batik kini juga relatif bisa dikenakan di setiap acara baik resmi maupun tidak resmi. Bahkan mengenakan baju batik seperti sudah menjadi trend tersendiri.

Munculnya model baju batik modern juga membuat batik mampu bersaing dengan banyaknya baju dari barat yang juga sangat digemari di Indonesia. Hal ini tentunya sangat membanggakan dan merupakan salah satu cara untuk melestarikan warisan luhur nenek moyang kita. Secara tidak langsung, para produsen, dan perajin batik sudah sangat berperan dalam melestarikan batik ini.

Bagaimana dengan kita? Dengan adanya baju batik modern dan up to date serta sesuai dengan perkembangan jaman, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memakai baju batik dengan alasan kuno, atau terlalu resmi atau kayak orang tua. Model baju batik modern tidak lagi memberikan kesan kesan tersebut. Mari kita pakai baju batik, kalau bukan kita siapa lagi?
DISKON 5% setiap pembelian minimal 3 pcs Batik di Batikbumi.com batik DISKON 5%

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *